Jumat, 11 Oktober 2013

Divisi SBTA


DIVISI SBTA (SENI BACA DAN TULIS AL QURAN)
Unit kegiatan mahasiswa pengembangan ilmu dan kandungan Al Quran Universitas Andalas (UKM PIKA Unand) merupakan salah satu UKM yang berada di lingkungan Universitas Andalas yang bergerak dibidang pengkajian ilmu AlQuran, baik dalam segi kandungan atau dari segi non kandungan Al Quran seperti seni baca dan tulis. Divisi Seni Baca Dan Tulis Alquran merupakan gabungan dari beberapa divisi sebelumnya. Divisi ini memiliki kegiatan menonjol dibidang seni baca dan tulis Alquran, seperti kaligrafi, syarhil quran, tilawah alquran, tartil alquran, dan qiraat sab’ah. Kegiatannya berupa pelatihan dan pengembangan sumber daya berbakat dalam segi seni baca dan tulis Al Quran agar bakat dan kemampuannya meningkat dan dapat pula diajarkan kepada orang lain.
Prinsip sebaik-baik orang adalah orang yang mempelajari Al Quran dan yang mengamalkannya, menjadi motivasi pengelola divisi ini untuk lebih intens dalam menjaring dan melatih bakat bakat terpendam yang tersembunyi oleh tinggi dan besarnya bangunan kampus granit terbesar di Asia Tenggara ini. Tim yang dikoordinatori oleh Wita Yulianti, mahasiswa angkatan 2011 yang sedang melanjutkan amanah orang tuanya untuk belajar di jurusan Biologi fakultas MIPA Unand, melanjutkan program yang sudah dirintis oleh koordinator SBTA periode setahun yang lalu berupa pelatihan tilawah AlQuran.
Even musabaqah tilawatil quran 2013 yang diselenggarakan di Unand dan UNP beberapa bulan yang lalu mempertemukan dengan beberapa pelantun ayat suci  (qori) yang sudah melanglang buana di nusantara. Kafilah Unand waktu itu yang dinominasi oleh anggota dan pengurus UKM PIKA Unand berkesempatan dilatih oleh qori nasional tersebut. Selesainya MTQ MN 2013 itu menyisakan suasana kekeluargaan diantara peserta dan pelatih, kedekatan tersebut tidak disia-siakan begitu saja. Ketua UKM PIKA Unand bersama koordinator SBTA meminta pelatih tersebut untuk menjadi mentor atau pelatih atau lebih tepatnya guru dalam program pelatihan tilawah yang telah ada tersebut.
Pelatihan tilawah, merupakan salah satu perjalanan untuk mewujudkan PONDOK ALQURAN UKM PIKA UNAND yang menjadi cita cita jangka panjang UKM PIKA Unand. Pelatihan tersebut  diadakan setiap hari Sabtu pukul 13.00 WIB bertempat di masjid Nurul Ilmi Universitas Andalas Limau Manis, Padang. Pertemuan pertama untuk periode ini mendapat antusias yang luar biasa. Pelatihan yang dipimpin oleh mantan pelatih qiraat kafilah Unand, Bang Muhammad Fadli, dihadiri oleh puluhan peserta. Suatu kemajuan yang luar biasa. Meningkat beberapa ratus persen dalam segi jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya. 
Selain pelatihan tilawah, program yang sudah digagas oleh divisi SBTA adalah pelatihan menulis indah AlQuran, atau yang lebih dikenal dengan kaligrafi AlQuran. Pelatihan ini dilakukan setiap satu kali dalam sebulan. Yaitu setiap hari Ahad/Minggu pukul 13.00 WIB pada minggu ke empat setiap bulannya. Dalam kegiatan ini, kita akan dikenalkan dengan dasar teori, teknik dasar, dan semua hal tentang kaligrafi AlQuran. Jadi bagi yang belum tahu apapun tentang kaligrafi, bisa diketahui disini dengan menanyakan langsung ke peserta yang sudah mengetahui, atau langsung kepada pelatihnya.
Bagi yang berminat untuk mengikuti kedua program tersebut, caranya gampang saja. Datangi sekretariat UKM PIKA Unand di PKM lantai 1 limau manis. Atau dapat dengan mengunjugi blog UKM PIKA Unand. Atau datang langsung pada hari jam kegiatan yang telah dsebutkan diatas.
Mari bersama sama UKM PIKA Unand, kita wujudkan cita cita mendirikan pondok Al Quran di kampus hijau ini. Semoga kita termasuk salah seorang  yang mendapat syafaat dari Al Quran di hari kiamat kelak. Aamiin ya rabbal ‘Alamiin.

KOORDINATOR   : 

WITA YULIANTI    1110422053   BIOLOGI

ANGGOTA           : 

1. Mardhatillah Rahmi             (Farmasi/2011)
2. Rahman Ibrahim Numare    (Teknik/2011)
3. Nisaul Khairiyah                  (MIPA/2012)
4. Wahyu Firmanda                 (ISIP/2012)
5. Jamalukiya                           (Teknik Informasi/2011)
6. Rhamdi                                (MIPA/2011)
7. Randi Yandri Yunas        (Teknik Infoprmasi/2011)
8. Melidawati                           (Teknik Pertanian/2012)
9. Azril                                     (teknik/2012)
10. Arif Budiman                        (Teknik Informasi/2011)

(review by Al Anshari, DPP UKM PIKA UNAND 2012/2013)